Breaking News

11 Cara Memulai Usaha Pakaian Anak Agar Keuntungan Maksimal



Jika kita menggali salah satu konsep pemikiran dari seorang pebisnis adalah selalu berfikir untuk sukses dan maju. Meskipun konsep terkadang masih mengambang, namun ada beberapa hal penting yang sebaiknya menjadi sebuah pertimbangan. Beberapa kecemasan seperti bagai mana perkembangan produk kedpan juga menjadi hal yang memprihatikan. Namun, tidak menunda waktu adalah hal yang sebaiknya di miliki oleh para pebisnis. Dan bagi anda yang ingin memulai sebuah bisnis, tidak ada salahnya mencoba usaha rumahan yang lagi trend. Salah satu di antaranya adalah dengan membuka usaha pakaian anak. Apakah lingkungan anda di penuhi dengan banyak anak-anak? Atau anda memang memiliki ide namun masih belum mengerti tentang bagai mana cara memulai usaha pakaian anak? Berikut kami sajikan cara paraktis dalam cara memulai usaha pakaian anak tersebut.

Mungkin sebelum memulai bisnis baju anak ini ada beberapa pertanyaan mendasar yang akan anda fikirkan. Salah satunya adalah Kenapa anda harus membuka usaha baju anak? Kenapa tidak langsung membuka sebuah toko pakaian saja? Ada beberapa alasan mendasar yang bisa menjadi salah satu faktor mengapa anda di sarankan membuka sebuah usaha baju anak anak yaitu :
  • Para orang tua akan lebih mementingkan kepentingan anak-anak mereka.
  • Tingkat persaingan pasarnya masih terbilang rendah di Indonesia
  • Target pasar yang luas, karena setiap hari akan selalu ada orang tua yang menginginkan baju untuk anak-anak mereka.
  • Pertumbuhan anak yang relatif cepat akan membuat pakaian mereka mudah mengecil dan akan selalu di ganti.
  • Keuntungan dalam menjual baju anak lebih relatif besar karena harga jualnya yang lebih tinggi.
Nah, sudah di pastikan bahwa menjual baju anda memiliki potensi besar apalagi jika anda mengetahui dengan benar cara memulai usaha pakaian anak tersebut.


1. Pastikan Terlebih Dahulu Bahwa Anda Memiliki Modal Yang Cukup

Tidak hanya ketika anda ingin membuka usaha baju anak, namun anda tetap harus menyiapkan modal dalam membuka usaha apapun. Apalagi dalam cara memulai bisnis pakaian anak ini, tentunya ada bebrapa biaya yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Modal ini adalah sejumlah biaya untuk membeli produk, persiapan perlengkapan dan sewa ruko misalnya.



2. Carilah Para Penjual atau Reseler

Setelah anda berhasil mengumpulkan dana untuk modal usaha. Maka langkah selanjutnya adalah mencari reseller atau penjual poduk yang nantinya akan anda jual. Mencari penjual yang menawarkan harga yang lebih rendah dari yang lainnya adalah salah satu cara dalam cara memulai bisnis pakaian modal kecil. Dalam menentukan para penjual, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan :
  • Pastikan toko tersebut memang telah terpercaya
  • Carilah penyedia atau reseller yang menyediakan harga relatif murah dari yang lainnya
  • Prih penjual yang menawarkan produk uo to date dan keren
 

3. Penentuan Lokasi Tempat Memulai Usaha


Hal yang tidak kalah penting adalah menentukan daerah atau lokasi di mana anda akan membuka bisnis atau usaha baju anak tersebut. Semakin strategis daerahnya maka semakin tinggi keuntungan yang bisa di raih. Pilihlah tempat yang bisa menjanjikan kenaikan dari segi nilai usaha, pas dengan target pasar dann ramai. Usahakan bahwa lokasi tersebut mudah di akses dan memang berada di tempat keramaian. Apalagi jika berada di lingkungan yang banyak anak kecilnya seperti di dekat pasar, rumah sakit maupun di kompleks perumahan.




4. Coba Membuka Usaha Setara Bisnis Grosiran


Siapa yang tidak menyukai berbelanja di grosir? Pastinya kata yang pertama kali muncul ketika berbelanja di grosir adalah, “murah” bukan? Ya, karena anggapan ini, banyak yang menyukai berbelanja di grosir. Inilah mengapa para pedagang yang membuka usaha grosir baju anak memiliki keuntungan yang luar biasa. Dengan adanya kesan murah dan barang obralan ini maka akan selalu menarik minat para pembeli dan pemilik toko, penjual pakaian maupun pemilik distro untuk anak.




5. Menjual Barang Kualitas Import



Karena barang branded masih terbilang rendah persaingan dan sedikit langka, maka tidak ada salahnya anda mencoba menjual pakaian anak yang berkualitas. Sebenarnya tidak semua barang import akan lebih mahal dari barang lokal andaikan anda bisa mengelolanya dengan baik. Melakukan improvisasi seperti ini sangat penting dalam usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga yang bisa menjadi usaha anda tersebut. Anda bisa melakukan cara pre order  untuk menghindari produk yang tidak terjual. Bahkan jika anda pandai dalam memilih paa supplier, maka baju import tidak lagi terkesan mahal dan anda bisa meraup keuntungan atas branded yang di tawarkan.





6. Membuka Lapak



Untuk menjalankan bisnis baju anak ini tidak memulu harus dengan sebuah toko mewah. Anda tetap bisa menjalankannya dengan membuka sebuah lapak kecil terlebih dahulu. Bukalah di daerah yang ramai pengunjung dan tertargetkan untuk kebutuhan bisnis anda tersebut.





7. Selalu Menjaga Kualitas



Selain menawarkan harga yang murah, hal lain yang perlu anda lakukan adalah menjaga kualitas barang tersebut. Karena kualitas yang bagus akan selalu menarik minat pembeli apalagi di padukan dengan kisaran harga yang relatif terjangkau. Hal penting yang harus anda ketahui adalah pesaing ada di mana mana maka anda harus tetap melakukan strategi agar nantinya bisnis anda tetap menjadi pilihan diantara semua pesaing lainnya.





8. Selalu Update Tren dan Kegemaran Publik




Tren fashion selalu berubah, dimana selalu ada keluaran baru yang lebih di sukai dan up to date. Inilah mengapa para pebisnis pakaian harus lebih jeli dalam melihat peluang dan perkembangan trend agar tidak menjadi penumpukan barang. Inilah mengapa sangat di sarankan untuk selalu me restock tidak terlalu menumpuk banyak barang sekaligus.






9. Gunakan Standar Harga Pabrik




Anda harus lebih berani dalam mengolah standar harga bisnis pakaian anak anda. Jangan terlalu mahal dari jenis bisnis usaha anaka atau pesaing anda yang lain agar anda tetap menjadi salah satu yang dilirik. Jangan terlalu memikirkan keuntungan yang terlalu besar di awal.






10. Tingkatkan Kualitas Pelayanan




Jangan menyerah dengan berbagai jenis permintaan pelanggan yang terkadang aneh dan nyeleneh. Cobalah untuk selalu sabar agar mereka tetap mau berbelanja dan mempercayakan bisnis usaha pakaian anak anda. Ingatlah bahwa pembeli adalah raja yang harus anda utamakan. Jangan salahkan mereka yang kemungkinan akan meminta hal-hal yang aneh seperti menanyakan banyaknya jenis pakaian yang lain.






11. Lakukan Promosi




Ada banyak media yang bisa anda gunakan untuk promosi dan pengoptimalan promosi. Jangan salah ya, sekarang banyak yang menggunakan berbagai fitur dan aplikasi media sosial yang bisa menjadi alat promosi tercanggih agar masyarakat mengetahui usaha anda. Beberapa media seperti BBM, Line, Whatsapp, Facebook, Path, Instagram maupun twitter biasa di gunakan sebagai alat media promosi. Lakukan promosi yang menarik dan sekreatif mungkin agar menarik bagi setiap calon pembeli.


sumber ; dosenekonomi.com





No comments